Senin, 12 Juli 2010

Trio Barca Sudah Punya Semuanya


Sebut tiga nama pemain Spanyol ini, dan fans akan menemukan banyak kesamaan yang mengagumkan, termasuk bahwa mereka sudah memiliki semuanya hanya dalam waktu dua tahun.

Carles Puyol, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta adalah tiga pemain tersebut, yang baru saja turut membantu negaranya menjuarai Piala Dunia untuk kali pertama.

Mereka adalah pemain binaan klub Barcelona, dan sama-sama merintis dari level Barcelona B. Xavi adalah yang paling lama bersekolah di akademi Barcelona, sejak 1991 di usia 11 tahun. Puyol menyusul di tahun 1995, setahun kemudian masuk Iniesta.

Saat ini Puyol adalah kapten pertama El Barca, dan Xavi adalah wakilnya. Jika keduanya tidak ada di lapangan, Iniesta juga memiliki peran sebagai deputi kapten.

Dengan semua kesuksesan Barcelona, ketiga pemain tersebut turut menjadi bagiannya. Semua piala domestik yang ada di Spanyol pernah mereka menangi: La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol.

Di level internasional, mereka adalah punggawa Los Blaugrana saat menjuarai supremasi tertinggi kejuaraan antarkub Eropa, Liga Champions, di tahun 2006 dan 2009. Mereka juga mengantarkan tim Catalan itu memenangi Piala Dunia Antarklub 2009 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ke jalur tim nasional, Puyol (30), Xavi (28) dan Iniesta (24) sudah mereguk kesuksesan besar. Saat Spanyol menjuarai Euro 2008, mereka ada di sana. Kala itu hanya mereka pemain Barcelona yang masuk skuad Luis Aragones.

Tahun ini mereka bertiga berkumpul lagi di Afrika Selatan dan bahu-membahu bersama semua anggota tim Spanyol untuk memenangi Piala Dunia -- dan berhasil. Piala yang melengkapi semua piala lain yang sudah mereka kumpulkan.

Xavi mencetak satu gol saat Spanyol mengalahkan Rusia 3-0 di semifinal Euro 2008. Puyol juga menyumbangkan gol krusialnya di semifinal Piala Dunia tahun ini ke gawang Jerman.

Adapun Iniesta, ia yang paling "tajam". Selain mengukir satu gol ke gawang Honduras di fase grup, ia juga menjadi penentu kemenangan 'El Matador' saat mengalahkan Belanda 1-0 lewat extra time.

Buat orang Barcelona, Puyol, Xavi dan Iniesta boleh jadi merupakan trio yang tidak ada duanya. (a2s/krs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOhon Commentx ,,,,, apabila tidak memiliki email atau web ...anda bisa memilih beri komentar sebagai Anonymous