Sabtu, 24 Juli 2010

Kanker Kalenjar Paratiroid

img
Ilustrasi: columbiasurgery
Deskripsi
Kelenjar paratiroid berfungsi mengontrol kalsium dalam tubuh. Ada empat paratiroid kelenjar, masing-masing ada dua di setiap lobus kelenjar tiroid. Semua kelenjar tersebut terletak di pangkal leher.

Kanker paratiroid merupakan jenis kanker yang sangat jarang terjadi. Baik laki-laki maupun perempuan berpotensi terserang kanker ini. Biasanya penyakit ini terjadi pada orang yang berusia lebih tua dari 30 tahun. Penyebab pasti kanker paratiroid tidak diketahui. Orang dengan neoplasia endokrin multipel tipe I memiliki peningkatan risiko penyakit ini.

Gejala
Gejala kanker paratiroid terutama disebabkan oleh hypercalcemia (tingginya kadar kalsium dalam darah), dan dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, antara lain:
# Nyeri tulang
# Patah tulang abnormal
# Sering buang air kecil
# Sering haus
# Mual
# Muntah
# Kurang nafsu makan
# Sembelit
# Kelelahan
# Kelemahan otot
# Batu ginjal

Perawatan
Operasi adalah pengobatan yang dianjurkan untuk kanker paratiroid. Terkadang jika tidak dilakukan pembedahan sulit diketahui apakah tumor paratiroid kanker atau tidak.

Jika tes sebelum operasi dapat menemukan kelenjar yang mencurigakan, operasi dapat sepihak (dilakukan pada satu sisi leher). Jika tidak mungkin untuk menemukan masalah kelenjar sebelum operasi, ahli bedah akan melihat kedua sisi leher.

Sumber: medlineplus dan healthguide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOhon Commentx ,,,,, apabila tidak memiliki email atau web ...anda bisa memilih beri komentar sebagai Anonymous