Kamis, 29 Juli 2010

Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa

Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa merupakan salah seorangMaharaja Melayu yang pernah memerintah di Dharmasraya (sekarangKabupaten Dharmasraya). Selain dari Prasasti Padang Roco sampai sekarang belum dijumpai lagi berita tentang raja ini.

1. Asal Usul

Tidak banyak diketahui berita tentang Tribhuwanaraja, namun Tribhuwanaraja sendiri kemungkinan besar adalah merupakan keturunan dari Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa yang disebut dalam Prasasti Grahi.

Munculnya nama Dharmasraya sebagai kerajaan melayu menunjukan luasnya pengaruh kerajaan ini sampai ke pulai Jawa, sehingga raja Singhasari waktu ituKertanagara perlu melakukan suatu kerjasama dengan kerajaan ini, sehingga muncullah Ekspedisi Pamalayu, dan di tahun 1286 Kertanagara menghadiahkanArca Amoghapasa sebagai hadiah persahabatan, sekaligus pengakuan dari Dharmasraya sebagai bahagian dari Singhasari.

Selanjutnya dari Pararaton dan Nagarakretagama, raja Melayu setelah menerima Arca Amoghapasa, menjodohkankan dua orang putrinya yaitu Dara Jingga danDara Petak untuk disunting oleh Kertanagara, namun dalam kepulangan kembali tim ekspedisi ini, Singhasari telah runtuh dan digantikan oleh Majapahit, Raden Wijaya sebagai ahli waris mempersunting Dara Petak, yang kemudian hari melahirkan raja kedua Majapahit yaitu Jayanagara, sedangkan Dara Jingga diserahkan kepada dewa (salah seorang bangsawan), sehingga Dara Jingga disebut juga dengan sira alaki dewa, yang kemudian hari melahirkanAdityawarman[1][2].

Namun Profesor Uli Kozok seorang filolog meragukan kalau Adityawarman adalah anak dari Dara Jingga, menurut pendapatnya usia Adityawarman ketika ia mendirikan kerajaan sekitar 50-an dan itu umur yang cukup tua baginya untuk membangun sebuah kerajaan yang kuat dan besar. Dan dia juga berpendapat bahwa yang dimaksud putra Dara Jingga tersebut adalah Akarendrawarman.

2. Referensi

  1. Mangkudimedja, R.M., (1979), Serat Pararaton, Alih aksara dan alih bahasa Hardjana HP, Jakarta, Departemen P dan K, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.
  2. Muljana, Slamet, (2006), Tafsir Sejarah Nagarakretagama, Yogyakarta: LKIS, ISBN 979-25-5254-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOhon Commentx ,,,,, apabila tidak memiliki email atau web ...anda bisa memilih beri komentar sebagai Anonymous